Pages
Thursday, May 1, 2025
AGAMA DAN MASYARAKAT: Penerapa KKNI Dalam Pendidikan Teologi
Penerapa KKNI Dalam Pendidikan Teologi
INTEGRASI KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI KEAGAMAAN KRISTEN DAN PENDIDIKAN WARGA GEREJA
Pendidikan
warga gereja merupakan pendidikan non formal, sedangkan pendidikan tinggi keagamaan Kristen
merupakan pendidikan formal.
Kedua jalur pendidikan itu
telah diintegrasikan dengan penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Integrasi pendidikan
non formal dan pendidikan formal itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas
sumber daya manusia Indonesia. Bagaimanakan penerapan
KKNI dalam meningkatkan kualitas sumber daya
umat Kristen Indonesia?
Sebuah
institusi pendidikan perlu memiliki visi institusi yang menjadi cita-cita dalam
pendirian sebuah institusi, Visi institusi itu kemudian diturunkan dalam visi
keilmuan yang relevan dengan cita-cita pendirian institusi. Jika Visi Institusi adalah cita-cita
institusi, maka visi keilmuan yang diturunkan dari visi institusi itu adalah
cita-cita program studi dalam mengkaji dan mengembangkan keilmuan tertentu yang menjadi unggulan dan penciri bidang keahlian program studi tersebut
untuk merespons perkembangan IPTEKS dan penerapannya dalam kemanfaatan
masyarakat demi peningkatan kualitas hidup orang-orang yang ada di dalamnya,
baik secara individu maupun secara kolektif. Visi keilmuan itu menjadi dasar
bagi penyusunan kurikulum program studi.
Sebuah
kurikulum yang berbasis luaran perlu menetapkan profil lulusan yang diturunkan
dari visi keilmuan. Profil lulusan adalah
peran yang dapat dilakukan oleh lulusan di bidang keahlian atau bidang kerja
tertentu setelah menyelesaikan studinya. Profil
lulusan itu perlu diturunkan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan, dan kemudian
bidang kajian dan selanjutnya mata kuliah.
Profil lulusan program studi tersebut disusun oleh program studi bersama dengan
asosiasi program studi sejenis
Dalam era industri 4.0 ini, rumusan CPL seyogyanya memuat kemampuan tentang literasi data, literasi teknologi, literasi manusia, dan literasi kitab suci Agama. Kemampuan yang dimiliki luaran pendidikan tinggi keagamaan Kristen itu juga merupakan kemampuan yang diharapkan dalam pendidikan dan pelatihan warga jemaat. Integrasi kurikulum pendidikan tinggi keagamaan Kristen sebagai pendidikan formal dan pendidikan warga gereja merupakan strategi penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya umat Kristen.
Pertanyaannya
sekarang bagaimanakah mengembangkan kurikulum pendidikan tinggi keagamaan
Kristen yang terintegrasi dengan pendidikan warga gereja?
https://www.binsarinstitute.id/2025/05/penerapa-kkni-dalam-pendidikan-teologi.html