Podcast Rukun Beragama

Video

Friday, December 23, 2022

4 hal yang esensial dalam Hidup manusia



https://linktr.ee/binsarantonihutabarat 



Apakah yang esensial dalam kehidupan manusia? Setidaknya ada 4 hal yaitu terang, udara, air dan makanan. Terang adalah yang pertama diciptakan. Jika matahari tidak ada segala maka sesuatu akan mati, demikian juga udara, air, dan makanan. Jesus adalah sumber semuanya itu. 

1. Yesus adalah terang hidup, terang dunia. “Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya, Akulah terang dunia; barang siapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup”(Johanes 8: 12), Yesus adalah matahari kebenaran. Tetapi kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya. Kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak lembu lepas kandang” (Maleaki 4:2).

2. Melalui Roh Kudus Yesus memberikan manusia nafas  hidup.  “Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh”(Johanes 3:8). Dan sesudah berkata demikian; Ia mengembusi mereka dan berkata; “Terimalah Roh Kudus”. (Yohanes 20:22).

3. Yesus juga air kehidupan “Jawab Yesus kepadanya, “jikalau Engkau tahu tentang karunia Allah dan siapakah dia yang berkata kepadamu; berilah Aku minum! Niscaya engkau telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup” (Johanes 4:10). Orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau  daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam diantara kita, dan kita telah melihat kemulian yang diberikan kepada-Nya sebagai anak tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. (Yohanes 1:3-14). Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru, “barang siapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum. Barang siapa percaya kepada-Ku seperti dikatakan oleh kitab suci’Dari dalam dirinya akan mengalir aliran-aliran air hidup”. (7:37-39).

4. Yesus adalah Roti kehidupan yang turun dari surga, “Kata Yesus kepada mereka; Akulah roti hidup;barang siapa datang kepada-Ku . ia tidak akan lapar lagi, dan barang siapa percaya kepada-Ku ia tidak akan haus lagi.” (Yohanes 6: 35). Yesus tidak hanya memiliki hidup, dan memberikan hidup, tapi Yesus Hidup. Kata yesus kepadanya; Akulah jalan, dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”  (Yohanes 14:6).

Terang dan gelap adalah tema yang muncul dalam kitab Injil (Allah adalah terang 1 Yohanes:1:5, pada sisi lain setan adalah kuasa kegelapan (Luks 22:35). Manusia mencintai terang atau kegelapan, dan pilihan itu mengontrol tindakan mereka (Yohanes 3:16-19).

Mereka yang percaya pada Kristus adalah anak-anak terang. Kata Yesus kepada mereka; Hanya sedikit waktu lagi terang ada diantara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barang siapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu kemana ia pergi. Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang.”(Johanes 12: 35-36).

Sebagaimana penciptaan mulai, jadilah terang, dan terang itu pun jadi. Dengan demikian Ciptaan baru mulai dengan masuknya terang dalam hati manusia yang percaya.” Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ie tertutup untuk mereka yang akan binasa. Yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini. Sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan kristus, yang adalah gambaran Allah. Sebab bukan diri kami yang kami beritakan, tetapi Yesus Kristus sebagai Tuhan, dan diri kami sebagai hambamu karena kehendak Yesus. Sebab Allah yang telah berfirman: “ Dari dalam gelap akan terbit terang!” Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.” (2 Korintus 4:3-6) 

Kedatangan Yesus Kristus kedalam dunia adalah fajar sebuah hari yang baru untuk manusia berdosa (Lukas 1:78-79)

Kita tentu berpikir sudah sepatutnya manusia berdosa menyambut terang itu, tetapi kasusnya tidak selalu demikian. Kedatangan terang membawa konflik, sebagaimana kuasa kegelapan melawannya. Kedatangan Terang membawa konfik dilaporkan dalam kitab Yohanes 7-12 yang mencatat orang-orang yang tidak memahami terang itu melawan terang, orang-orang yang tidak memahami perkataan dan perbuatan Yesus melawan Yesus, puncaknya mereka menyalibkan Yesus.

Ketika Yesus mengajarkan hal-hal rohani, mereka yang tidak memahaminya menafsirkan perkataan Yesus menurut pikiran mereka sendiri, pada perspektif yang berpusat pada diri sendiri, atau perspektif dunia yang melawan Allah.

Ketika Yesus berbicara bahwa tubuh-Nya adalah bait Allah (Johanes 2: 13-21, Kelahiran kembali (Johanes 3;4) Air hidup (Johanes 4;11), Akulah Roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seoramg makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan kuberikan untuk hidup dunia.” (Johanes 6:51), kemerdekaan rohani (Johanes 8:30-36, kematian sebagai tidur (Johanes 11:11-13), dan banyak kebenaran rohani, setan berusaha membutakan orang-orang yang berada dalam belenggu kegelapan, karena kegelapan artinya kematian dan neraka, sedang terang artinya hidup dan sorga.

Kata saksi adalah kata kunci dalam kitab injil Yohanes, Yohanes adalah saksi kedatangan terang. Yohanes pembaptis adalah salah seorang yang dilahirkan untuk menjadi saksi kedatangan Yesus. Tapi Yohanes pembaptis menjadi martir dan pemimpin-pemimpin agama Yahudi pada waktu itu tidak mencegahnya.

Mengapa bangsa-bangsa menolak Yesus? Karena mereka tidak mengenal Yesus. Mereka secara rohani mengabaikan Yesus yang adalah terang hidup. Terang yang asli, dan terang-terang lain adalah “copy an”, terang yang sesungguhnya adalah Yesus. Yesus adalah penggenapan agama perjanjian lama.

Yesus adalah kebenaran, tetapi orang-orang Yahudi tidak percaya. Yesus adalah kehidupan, tapi mereka menyalibkan Yesus.

Mereka yang percaya kepada Yesus memiliki hidup, hidup baru yang berawal dari menerima terang itu dalam hati. Terang Krstus masih bersinar, Terimalah terang itu dan menjadi anak-anak Allah.

https://www.binsarhutabarat.com/2022/12/4-hal-yang-esensial-dalam-hidup-manusia.html

Tuesday, December 20, 2022

Hari Tuhan Datang Seperti Pencuri

 


https://linktr.ee/binsarantonihutabarat

Paulus dalam kitab Tesalonika 5: 2  menjelaskan bahwa, hari Tuhan datang seperti pencuri. 


                    Yesus, Juruselamat, Wahyu, Harapan


Meskipun kedatangan Yesus itu pasti dan kedatangan Yesus adalah sebagai raja yang menghakimi, orang percaya tidak perlu takut, karena pada waktu Yesus datang, orang percaya akan menyongsong kedatangan Yesus sebagai raja yang menghakimi semua manusia.

 

Memang ada keragaman pandangan mengenai kedatangan Yesus, ada yang menganggap kedatangan Yesus pertama-tama hanya untuk prang percaya,  dengan anggapan bahwa akan ada pertemuan Yesus dengan orang percaya di udara. Dan kemudian manusia yang masih hidup akan mengalami sengsara besar, dan terjadi pemerintahan Iblis dunia, sehingga orang yang percaya pada masa itu akan mengalami penderitaan berat, sampai akhirnya Yesus datang untuk menghakimi iblis dan pengikut-pengikutnya.

 

Tapi saya berpandangan Tuhan Yesus datang hanya satu kali, yaitu datang sebagai hakim, dan secara bersamaan membawa orang yang percaya ke dalam dunia baru, dan menghukum iblis dan pengikut-pengikutnya ke dalam api kekal.

 

Saya setuju, bahwa istilah pengangkatan tidak harus diartikan bahwa orang percaya akan diangkat untuk menghadiri pertemuan dengan Tuhan di udara, sebelum Yesus datang kedunia bersama-sama orang percaya menghakimi dunia.

 

Saya percaya bahwa orang yang mati di dalam Tuhan sudah bersama dengan Tuhan. Istilah tidur yang digunakan Yesus untuk Lazarus yang mati, maksudnya adalah lazarus sudah mati. Dan Yesus membangkitkan Lazarus yang sudah mati. Karena Perpisahan tubuh dengan roh adalah kematian.

 

Roh manusia kembali kepada Tuhan, dan tubuh manusia mati. Kembali ke tanah, atau disebut tidur, karena kita semua akan mendapatkan tubuh baru ketika penghakiman terakhir dan kemudian masuk pada dunia baru yang kekal.

 

Istilah diangkat dalam I tesalonika 4:17 dalam konteks kedatangan Tuhan yang mengatakan, “sesudah itu, kita yang hidup yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa, demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.”

 

Ayat itu jelas menunjukkan bahwa kedatangan Yesus hanya satu kali, dan kemudian kita semua yang percaya hidup dalm dunia baru selam-lamanya. Istilah “diangkat”ini sama dengan Kisah 8:39… Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi.

 

Jadi pengangkatan harus diartikan bahwa ketika Yesus datang, orang percaya yang masih hidup akan diangkat untuk hidup bersama dengan Tuhan, dan iblis dengan pengikut-pengikutnya mendapatkan hukuman kekal.

 

Iblis tidak dapat merebut orang percaya dari tangan Tuhan, Iblis yang telah kalah itu pada waktu kedatangan Yesus yang kedua kali akan mendapatkan hukuman kekal.

 

Ketika Yesus mati, dan naik kesurga, maka iblis dilemparkan kedunia, dan iblis tidak ada ditahta Allah. Meski Iblis berusaha menghalang-halangi pemberitaan Injil, menganiaya orang percaya, tapi iblis dan para pengikutnya tidak bisa mengambil orang percaya dari tangan Tuhan.

 

Mereka yang percaya kepada penebusan Yesus  di kayu salib, menjadi hamba Kristus, tidak bisa direbut oleh Iblis. Karena itu kedatangan Yesus yang kedua kali, dinanti-nantikan oleh orang yang percaya. Karena orang percaya akan disempurnakan dan mendapatkan tubuh baru yang bebas dari dosa, untuk kemudian hidup bersama dengan Allah selama-lamanya.

 

Bagaimana seharusnya kita menyambut kedatangan Yesus?

1. Hidup dalam Ketaatan pada Allah. Perumpamaan tentang hamba yang setia dan hamba yang jahat. Menjadi hamba yang taat kepada Tuannya, Tuhan, jangan menjadi hamba yang jahat yang ingin menjadi tuan atas hamba-hamba yang lain, dan hidup untuk kesenangan diri.

2. Hidup bijaksana, menantikan kedatangan Tuhan dengan terus menjadi terang. Hidup bergantung dengan Roh Kudus untuk terus berbuah, hidup menjadi terang dunia.

3. Menjalankan misi Allah sesuai dengan kehendak Allah. Mengembangkan talenta, karunia yang tuhan beri secara tepat, sesuai dengan misi Allah yang Tuhan berikan kepada kita.

 

Saat wabah corona umat kristen harus menjaga diri untuk tidak tertular corona, mengasihi diri sendiri, dan juga mengasihi orang lain untuk tidak tertular corona. Tapi, kita bersyukur tenaga medis di negeri ini justru rela memberikan dirinya terpapar corona meski sudah berusaha untuk menghindar dari virus corona, namun untuk menyelamatkan mereka yang terinfeksi corona mereka menjadi orang yang rentang terpapr virus corona.

 

Kapan pun Tuhan Yesus datang, kita semua mesti siap-siap, tapi wabah corona harus kita lawan sebagai penghargaan terhadap kehidupan yang tuhan beri. Perjuangan melawan corona adalah perjuangan untuk kehidupan yang Tuhan beri. Perjuangan itu memuliakan Tuhan dan menjadi kebaikan bagi sesama.

 

Kita menantikan kedatangan Yesus dengan terus bekerja sebagai pelayan yang setia,hidup waspada dengan terus menjadi terang, dan  mengembangkan talenta dan karunia yang Tuhan beri untuk melaksanakan misi Allah. Tuhan memberkati.

HARI TUHAN DATANG SEPERTI PENCURI

Kebebasan Dalam Kehidupan Kristen

  



https://linktr.ee/binsarantonihutabarat 

 Apa yang kita percaya dan bagaimana kita bertingkah laku mestinya selaras. Paulus biasanya menghubungkan dengan istilah doktrin dan tugas. Apa yang Allah telah kerjakan untuk kita itulah yang memotivasi kita untuk mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan kehendak Allah.

Kita dimerdekakan oleh Allah utuk melaksanakan misi Allah yang menjadi kewajiban kita. Kebebasan Kristen adalah untuk melaksanakan perintah Allah. Dibebaskan untuk menjadi seperti Kistus. Manusia sejati yang bebas dan melakukan perintah Allah. Kebebasan dalam kehidupan kristen tidak perlu dipertentangkan dengan kewajiban untuk melaksanakan hukum-hukum Allah atau perintah-perintah Allah.

Terkait relasi antara kebebasan dan kewajiban setidaknya ada tiga pandangan yang kemudian membentuk Pola etika. Yakni Pola Etika Heteronom (Kaidah yang lain, diluar diri manusia), kaidah  otonomi (kaidah diri sendiri), Teonomi (kaidah Tuhan).

Mereka yang mengikuti pola heteronomi beranggapam bahwa apa yang Tuhan perintahkan harus dilakukan, apakah kita setuju atau tidak setuju itu tidak penting, demikian juga apakah kita mengerti atau tidak, yang jelas apa yang Tuhan katakan dalam Alkitab harus dilakukan.

Memegang pola ini akan mengakibatkan seseorang jatuh pada legalisme. Seperti orang farisi yang menganggap diri paling benar dan telah melakukan Firman Tuhan dengan benar. Tidak ada orang yang lebih benar dari mereka. Sayangnya, kita tahu mereka yang jatuh pada legalisme ini sangat keras pada diri sendiri, tetapi tidak untuk diri sendiri.

Seperti orang-orang Farisi yang gemar menghukum orang lain, gemar mencela orang lain orang berdosa, sesat dan jauh dari Allah. Alkitab mengatakan mereka melihat kuman di seberang lautan, atau kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak. Itulah bahaya legalisme.

Disamping itu, mereka yang memegang pola etika ini juga merendahkan dirinya sebagai manusia. Melakukan tindakan lahiriah tanpa selaras dengan motif pelaku. Memisahkan masalah batin dan lahiriah.  Padahal seharusnya apa yang kita lakukan selaras dengan motif yang ada di dalam batin kita.

Dikatakan merendahkan manusia, karena tindakan ini menyangkali adanya kebebasan manusia. Karena hukum-hukum itu berasal dari luar diri manusia, maka manusia harus mengikuti saja apa yang dikatakan Tuhan, Dan manusia yang melakukan kewajiban itu terpaksa melakukannya, dan karena terpaksa melakukannya, maka mereka merasa tidak bertanggung jawab atas dampak yang terjadi atas tindakan mereka. Itu bukan urusan saya, tapi itu urusan tuhan.

Pandangan yang kedua adalah pandangan otonomi. Mereka mengatakan, manusia tunduk pada patokan-patokanyang ditetapkan oleh rasio manusia yang dtetapkan oleh rasio yang bersifat universal. Ungkapan yang tersohor dari kelompok ini adalah, saya wajib maka saya mampu. Kewajiban mutlak. Imperatif Kategori dalam istilah Kant.

Orang-orang itu mungkin perlu bertanya dalam hati mereka, seandainya semua orang berkelakuan sesuai dengan kelakuan diri kita, apakah dunia ini menjadi lebih baik ataukah justru lebih buruk?

Jadi, asal lulus ujian rasio, kewajiban etis dapat dikenal sebagai kewajiban mutlak. Mereka mengakui bahwa kewajiban moral adalah perintah ilahi. Dan untuk melakukan itu eksistensi Allah diperlukan.

Pahlawan moral seperti ini akan terus jalan tanpa Allah. Kebanyakan orang seperti ini , menyukai hidup dibawah rezim otoriter. Tampak jelas etika ini sama saja dengan heteronomi yang menetapkan hak-hak dan kewajiban yang hanya mesti diterima saja. Karena lulus ujian rasio karena itu harus dilakukan.

Saya setuju, tidak ada tata moral yang berdiri di antara kita dan Allah. Tak ada kewajiban rasional yang mendahului perelasian kita dengan Allah. Jika tidak ada relasi antara Allah dan manusia, maka manusia tidak mungkin dapat melaksanakan kewajibannya dalam kebebasannya.

Manusia menjadi manusia dalam kebergantungan dengan Allah. Manusia tidak dapat melaksanakan kewajibannya dalam kebebasannya tanpa bergantung dengan Allah. Di dalam kebergantungan dengan Allah itulah manusia memiliki kebebasannya, dan sekaligus dapat melaksanakan kewajibannya.

Dalam alam demokrasi di Indonesia gereja dan agama-agama harus bisa menempatkan diri secara tepat. Jika tidak maka disintegrasi bangsa menjadi taruhannya, apalagi dengan ditempatkannya agama pada posisi yang terhormat pada negeri ini,

Agama-agama bukan hanya perlu hidup berdampingan dengan agama-agama lain, tetapi juga dengan berbagai denominasi gereja, bahkan dengan mereka yang disebut bidat sekalipun. Gereja-gereja di Indonesia perlu berpikir maju, dan tidak sekadar mengikuti pengalaman tokoh-tokoh agama pada masa lampau.

Teologi itu tidak pernah lahir di ruang hampa. Gereja-gereja di Indonesia harus bisa merumuskan teologinya dan mengambil sebuah keputusn etis bagaimana menjaga kerukunan hidup bersama dengan denominasi gereja yang beragam dan juga dengan agama-agama lain.

Mereka yang berlaku arogan dengan dengan denominasi gereja lain mesti mempertimbangkan apa jadinya, kalau sikap arogan itu juga dilawan dengan sikap arogan kembali. Jangan berlindung di alam demokrasi untuk untuk mengingkari tanggung jawab membangun sebuah demokrasi yang sehat.

Kalau memang gereja-gereja di Indonesia hidup untuk memuliakan Tuhan dalam pertolongan Tuhan, maka sejatinya bukan arogansi denominasi atau agama yang muncul, tapi sikap saling membangun kehidupan yang sehat dalam hidup bersama untuk merawat kehidupan.

Kita jangan lupa, konteks gereja masa lampau berbeda dengan alam demokrasi saat ini. Dan juga jangan terlena dengan jaman kejayaan gereja yang menguasai negara, yang berakibat kepemimpinan gereja pada abad pertengahan justru menjadi abad kegelapan gereja.

Jika Tuhan mengijinkan denominasi lain ada, janganlah cepat-cepat mengatakan mereka yang berbeda penafsiran dengan kita itu sesat. Karena bisa jadi hanya ada perbedaan kecil, dan banyak kesamaan yang jauh lebih besar.

Gereja memang punya kewajiban untuk menjaga kemurnian gereja, tapi pertanyaannya apakah pemurnian gereja yang kita lakukan akan membuat gereja lebih baik?

Mereka yang menganggap ibadahnya paling benar, doktrinnya paling benar, sama saja menyangkali keterbatasannya memahami Firman Tuhan. Aneh bukan, mereka yang menganggap menjadi pembela-pembela kebenaran, penjaga kemurniam gereja saat ini mengapa menjadi sangat arogan?

Apakah para rasul memang arogan? Menurut saya Tak ada para rasul yang arogan, mereka hanya menyaksikan apa yang mereka percaya. Lihatlah bagaimana Paulus berdiskusi di Areopagus. Bahkan menjelang kematiannya Paulus mengatakan, bahwa dari antara para rasul dialah yang paling berdosa. Berbeda dengan kita yang menganggap diri paling benar, paling suci. Paling murni. Saya juga tidak paham seberapa murnikah doktrin gereja-gereja itu. Sebagai seorang peneliti, tentu saya paham, tidak ada pemahaman kita yang orisinil, kita belajar dari banyak orang, dan kita mengembangkan pemikiran-pemikran teologi yang telah ada itu. Jadi, kenapa harus berhenti untuk terus belajar lebih mendalam?

Hidup harmoni dengan sesama gereja itu penting, demikian juga dengan sesama manusia. Dari hidup bersama itulah kita bisa menyaksikan Kristus yang hidup. Apalagi kita hanya menunjuk kepada Yesus. Bukan pada kita.

Yang perlu kita renungkan adalah, apakah dalam hubungan antar gereja dan antar sesama kita telah melaksanakan kebebasan kita dengan tepat, dan juga melaksanakan kewajiban-kewajiban kita. Hanya dalam Yesus kita bisa melaksanakan kewajiban-kewajiban kita, menjalankan misi Allah dan dalam kebebasan, dan itu hanya mungkin kita lakukan dalam rekasi dengan Tuhan.

Apakah kita masih merasa diri lebih baik dari orang lain. Waspadalah.


https://www.binsarhutabarat.com/2022/12/kebebasan-dalam-kehidupan-kristen.html

Bersyukurlah Kepada Tuhan

Bersyukurlah Kepada Tuhan  I Tes 5: 18, 2 Tes 1:3-7 Mengapa kita mengucap syukur kepada Allah dalam penderitaan? 1.  Penderitaan membuat kit...